Bertekad mewujudkan masa depan yang penuh inovasi, berkelanjutan dan berkualitas tinggi, Paradise Indonesia siap hadirkan produk-produk berdedikasi kemajuan.
Homepoint.id, Jakarta- Sebuah identitas photo mendadak viral lantaran memunculkan sebuah pemandangan kontras dari sebuah bukit bernama Mamake di wilayah Kotabaru, Kalimantan Selatan. Dari photo tersebut nampak di belakangnya jejeran gedung-gedung modern dan menjulang. Diduga, itu adalah Kota Saranjana. Sebuah wilayah yang dianggap gaib, namun terlihat suasana kota yang maju serta modern.
Sayangnya, Saranjana hanya “dikenal” sebagai kota tak kasat mata lantaran tidak tercatat di peta Indonesia, dan keberadaannya bersandar cuma pada keyakinan masyarakat setempat.
Namun menariknya, meskipun tidak ada dalam peta Indonesia, dari berbagai sumber disebutkan bahwa Saranjana pernah tercatat di peta kuno. Saranjana disebutkan pernah ada di wilayah Kalimantan Selatan, tepatnya di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kota Baru.
Beberapa bukti yang mencatat nama Saranjana adalah peta Salomon Muller 1845, peta Isaac Dornseiffen 1868, kamus Pieter Johannes Veth 1868, dan Sketch Map of the Residency Southern and Eastern Division of Borneo 1913.
Menurut sejarawan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Mansyur, ada beberapa lokasi Saranjana. Dalam studinya berjudul Saranjana in Historical Record: The City’s Invisibility in Pulau Laut, South Kalimantan, versi pertama adalah keberadaan Saranjana di Kotabaru. Versi kedua terletak di teluk Tamiang, Pulau Laut dan versi ketiga di sebuah bukit kecil yang terletak di Desa Oka-oka.
Terdapat kesamaan dari penjelasan ke tiga lokasi tersebut yakni sama-sama mendeskripsikan kemewahan Saranjana. Gedung-gedung pencakar langit yang megah menjulang tinggi bersatupadu dengan baluran warna warni memanjakan bola mata dan memunculkan warna perak dengan kaca-kaca yang berkilauan.
Saranjana seperti kota masa depan yang menyuguhkan potensi properti-properti mewah dalam satu gugusan kawasan modern.
Tapi, sayang sungguh sayang, Saranjana tidaklah nyata.
Menciptakan Masa Depan Sendiri
Industri properti di indonesia memang tidak pernah kehabisan cerita. Kisah manis properti Indonesia sempat tertuang di kurun waktu awal tahun 2000-an, tepatnya di 2003. Singkatnya, properti Indonesia kala itu tengah mengalami siklus booming.
Kala itu, pasar properti terus melonjak sejak krisis ekonomi 1998. Begitu juga pada 2012, properti malah melonjak setelah krisis dunia pada 2008 dikarenakan harga komoditas yang naik dua kali lipat diikuti harga properti yang semakin meroket dikarenakan permintaan pasar tinggi dengan supply yang rendah serta tingginya likuiditas masyarakat.
Dan, pada 2023 sebenarnya properti booming dapat kembali terjadi dikarenakan harga komoditas bisa naik hingga 4 kali lipat yang disertai melonjaknya harga konstruksi yang menyebabkan supply properti menurun namun demand akan tetap tinggi akibat suku bunga bank yang rendah.
Belum lagi dengan kepemilikan properti bagi WNA semakin dimudahkan dan harga tanah yang cenderung stabil, properti akan semakin menjadi incaran bagi mereka yang ingin berinvestasi secara aman. Namun, untuk benar-benar booming rasanya harus ulur urat sabar lebih panjang lagi mengingat kondisinya belum aman sepenuhnya.
Sebagai contoh pada apartemen misalnya. Meski beberapa tahun ini tren permintaan apartemen bisa dikatakan loyo, namun laju positif terus ditunjukan hunian vertikal ini dengan adanya peningkatan permintaan dan kunjung naik karena didasari motivasi investasi. Faktor harga yang stagnan dan cenderung turun dalam satu tahun terakhir juga disinyalir menjadikannya menarik untuk instrument investasi, terutama pada pasar sewa harian dan bulanan.
Tapi bukan namanya Indonesia kalau tidak bisa keluar dari krisis. Termasuk ketika Covid-19 melanda, Indonesia tidak sepenuhnya babak belur. Properti terus melaju pada jalur yang tepat sebagaimana yang dilakukan oleh PT Indonesian Paradise Property Tbk (Paradise Indonesia).
Sejak pertama kali mulai bergerak pada tahun 2002, Paradise Indonesia senantiasa menjaga komitmen untuk menghadirkan karya-karya istimewa yang bisa membawa kenyamanan terbaik baik dari sisi desain maupun kelayakan fungsi. Dari situ, Paradise Indonesia dikenal luas sebagai developer yang senantiasa melahirkan proyek-proyek visioner.
“Kami benar-benar mempersembahkan pengalaman berkesan bagi masyarakat sehingga ada dorongan untuk kembali lagi,” ujar Anthony Prabowo Susilo, Presiden Direktur & CEO Paradise Indonesia.
Paradise Indonesia bertekad memberikan proyek-proyek gaya hidup imajinatif yang bertujuan memberikan inspirasi berkesan.
Tiap langkah pengembangan yang dilakukan oleh Paradise Indonesia benar-benar mengedepankan sistem perencanaan yang berkelanjutan dan berdaya jangka panjang. Bagaimana perusahaan tidak hanya membangun properti yang yang hangat, tapi juga memiliki hasrat untuk mengembangkan momen berkesan bagi masyarakat sekaligus turut ambil peran dalam peningkatan kesejahteraan sosial, ekonomi, dan lingkungan dari seluruh pihak yang terlibat di dalamnya.
Terlebih dengan turut memperkenalkan identitas baru dengan nama “Paradise Indonesia” yang sebelumnya dikenal dengan nama Indonesian Paradise Property atau INPP, paradise indonesia juga memperkenalkan logo yang mencerminkan nilai-nilai utama mereka yaitu: Entrepreneurship, Passionate, Integrity, Creative, and Collaborative.
Dengan semangat yang sedemikian hebatnya, Paradise Indonesia mengarahkan perusahaan menuju pengembangan gaya hidup yang ikonik yang melibatkan seluruh ekosistem, memberdayakan individu, menjalin kemitraan, dan memberikan nilai bagi para investor.
Semangat mengusung “Building Tomorrow” sebagai penanda bulatnya tekad perusahaan dalam membangun properti dan komunitas yang luar biasa dengan praktik-praktik inovatif dan berkelanjutan, menggabungkan warisan budaya dengan masa depan yang penuh harapan, serta menciptakan dampak positif untuk generasi yang akan datang.
Paradise Indonesia juga memiliki visi untuk membangun masa depan yang penuh inovasi serta kehidupan berkelanjutan dengan berkomitmen dalam menciptakan properti dan komunitas terbaik. Sebagai pelopor dalam industri properti, Paradise Indonesia selalu hadir dengan karya-karya iconic yang top-of-mind.
Paradise Indonesia juga memiliki dedikasi yang besar dalam BuildingTomorrow dan terlihat dari produk-produk yang dibangun berdasarkan inovasi terkini, nilai-nilai baru, penuh semangat hidup, dan praktik keberlanjutan sesuai dengan perkembangan properti dan masyarakat.
Apalagi kini Paradise Indonesia tengah serius dan fokus mengembangkan sejumlah asetnya yang beragam sebagai bagian dari perjalanan 21 tahun bisnis perusahaan seperti hotel, pusat perbelanjaan, apartemen, dan lainnya.
Untuk saat ini tercatat ada 13 hotel dari bintang dua hingga bintang lima di sejumlah wilayah, termasuk keberadaan enam pusat perbelanjaan di beberapa kota besar di Indonesia. Belum lagi rencana pengembangan proyek-proyek berkonsep mixed use seperti 31 Sudirman Suites dan Hotel Hyatt Place di Makassar, Pusat perbelanjaan 23 Pascal Bandung dan Antasari Place, Jakarta Selatan.
Dengan semangat Building Tomorrow inilah yang membuat Paradise Indonesia dari masa ke masa selalu dan terus membangun masa depan yang lebih baik dengan memastikan praktik berkelanjutan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar untuk generasi yang akan datang.
Saranjana memanglah tidak nyata, tapi siapa tahu Paradise Indonesia bisa mewujudkannya.