Sabtu, Mei 31, 2025
  • Privacy Policy
  • About
  • Advertise
  • Careers
  • Contact
Homepoint.ID
  • Home
  • Daily News
  • Investment & Marketing
  • The Project
  • Lifestyle
  • Etcetera
  • Design
  • Galery
  • Login
No Result
View All Result
Homepoint.ID
Home Etcetera Global

Berkat Inovasi Hijau, SCG Mengalami Peningkatan Bisnis di Kuartal I 2024

Aziz Fahmi by Aziz Fahmi
1 tahun ago
in Global
0
Berkat Inovasi Hijau, SCG Mengalami Peningkatan Bisnis di Kuartal I 2024
320
SHARES
2.5k
VIEWS
Share on FacebookShare on WhatsApp

Homepoint.id, Jakarta- Perusahaan konglomerat terkemuka asal Thailand, SCG baru saka melaporkan hasil operasionalnya untuk Q1/2024.

Dari laporan tersebut menunjukkan peningkatan dari kuartal sebelumnya yang didorong oleh inovasi hijau, manajemen biaya yang efektif, pemulihan pariwisata, dan tanda-tanda pemulihan ekonomi Thailand.

Related posts

Potret Keseruan PropertyGuru Asia Property Awards Grand Final ke-19

Potret Keseruan PropertyGuru Asia Property Awards Grand Final ke-19

23 Desember 2024
Populasi di Australia meningkat, Harga Properti dan Sewa Menjadi Daya Tarik Utama

Rising Investor Confidence Set to Spark Increased Action in Asia Pacific Real Estate in 2025

23 November 2024

SCG siap menghadapi potensi penurunan ekonomi global yang ditimbulkan oleh ketegangan di Timur Tengah dengan menyesuaikan rencana bisnis, mengelola rantai pasokan dengan efektif, dan terus melanjutkan strategi “Inclusive Green Growth” (Pertumbuhan Hijau yang Inklusif).

Strategi ini termasuk meningkatkan porsi energi bersih untuk membantu menekan biaya, mempercepat inovasi hijau sebagai jawaban atas megatren global, dan memperluas bisnis ke pasar-pasar berpotensi tinggi.

Thammasak Sethaudom, President & CEO SCG, menjelaskan, “Hasil operasional SCG Q1/2024 telah menunjukkan peningkatan.

Meskipun terdapat fluktuasi ekonomi global dan penurunan industri petrokimia, SCG berhasil mengelola biaya dan secara konsisten menyediakan inovasi hijau ke pasar.

“Kami mampu menghasilkan Pendapatan dari Penjualan sebesar Rp54,3 triliun (USD 3,5 miliar), meningkat 3% q-o-q, dan EBITDA mencapai Rp5,5 triliun (USD 354 juta), naik 16% q-o-q, dengan Laba Bersih Periode sebesar Rp1 triliun (USD 68 juta), meningkat Rp1,5 triliun (USD 100 juta) q-o-q,” ujar Thammasak Sethaudom, President & CEO SCG kepada redaksi Homepoint.id, Senin (29/04/2024).

Jajaran Direksi dan Manajemen SCG dalam paparan bisnis di Q1 2024

Ia melanjutkan bahwa pencapaian ini didorong oleh pengembangan produk-produk hijau inovatif (SCG Green Choice) yang memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus berkontribusi pada pengurangan emisi karbon, di antaranya semen rendah karbon, polimer hijau, dan kemasan berkelanjutan.

Penjualan produk-produk SCG Green Choice mencapai Rp28,6 triliun (USD 1,8 miliar), menyumbang 53% dari total penjualan, meningkat Rp484,3 juta (USD 31,2 juta) q-o-q, berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 sebesar 230.000 ton.

Pada saat yang sama, pengurangan biaya yang signifikan telah dicapai dengan menggunakan proses produksi ramah lingkungan, dengan pabrik semen Thailand meningkatkan bagian penggunaan bahan bakar alternatif menjadi 47%.

Selain itu, The Siam Cement Public Company Limited (SCC) telah terdaftar di Bursa Efek Singapura sejak 1 April, memberikan jalur baru bagi investor asing untuk membeli saham SCC.”

Pertumbuhan Bisnis Hijau

Sejalan dengan strategi “Inclusive Green Growth” di bawah kepemimpinan Thammasak, SCG bertujuan untuk memimpin sektor bisnis hijau yang secara bersamaan mendorong terwujudnya Masyarakat Net Zero dengan mengembangkan inovasi hijau untuk memenuhi permintaan tinggi di pasar global.

Baru-baru ini SCG meluncurkan Low-carbon Cement (Semen Rendah Karbon) Generasi ke-2 yang diproyeksi akan menekan emisi karbon sebesar 15-20%.

Doc. SCG

Selain itu, SCG sedang mempersiapkan diri dengan memperluas investasi di pasar-pasar berpotensi tinggi, seperti SAMEA (Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika).

Proyek Long Son Petrochemicals (LSP) di Vietnam pun tengah dalam persiapan untuk memproduksi resin dengan kapasitas penuh pada kuartal ketiga.

Unit bisnis SCG, SCGP (SCG Packaging), aktif mendorong pertumbuhan sepanjang rantai pasokan dengan penggunaan bahan baku kertas daur ulang dan meningkatkan efisiensi manajemen bahan baku.

SCGP telah menggelontorkan USD 3 juta dalam kolaborasi dengan Origin Materials, perusahaan teknologi terkemuka Amerika Serikat, untuk mengembangkan bioplastic berbahan dasar serpihan kayu eukaliptus.

Di Indonesia, komitmen ini dapat dilihat dari produk kertas kemasan yang ditawarkan salah satu perusahaan di bawah SCGP Indonesia, PT Fajar Surya Wisesa Tbk, salah satu produsen kertas kemasan terbesar di Tanah Air, yang telah tersertifikasi Eco Label, sertifikat Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian, dan FSC (Forest Stewardship Council®).

Sementara itu, SCG Cement and Green Solutions terus mendiversifikasi inovasi semen untuk berbagai aplikasi. Adopsi Low Carbon Cement baru-baru ini meningkat menjadi 85%, dengan pengenalan Low Carbon Cement (Generation 2) yang dijadwalkan pada 5 Mei.

Inovasi ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebesar 15-20% dibandingkan dengan standar internasional.

Di Indonesia, operasi bahan bakar dan baku alternatif di pabrik semen di Sukabumi, PT Semen Jawa, telah memasuki fase kedua yang memungkinkan penggunaan bahan bakar alternatif mencapai 5.000 ton/bulan atau sekitar 19,6% dari total bahan bakar, serta 8.000 ton/bulan penggunaan bahan baku alternatif atau setara dengan 3% total bahan baku.

SCG Distribution & Retail terus agresif memasuki pasar-pasar baru dengan pertumbuhan tinggi, seperti wilayah SAMEA, yang memiliki rata-rata GDP lebih dari 70% dan menyumbang lebih dari 40% dari populasi dunia.

Di pasar ASEAN, SCG memproduksi produk semen kemasan yang ditargetkan untuk segmen ekonomi pertumbuhan tinggi, seperti Bezt di Indonesia, 5-Star Cement di Kamboja, dan ADAMAX di Vietnam.

SCGC (SCG Chemicals) masih memaksimalkan penjualan produk SCGC GREEN POLYMER™ yang pada kuartal sebelumnya mencapai 38.000 ton dan 218.000 ton selama tahun 2023, sejalan dengan target 1 juta ton per tahun 2030.

SCGC pun telah berkolaborasi dengan mitra terkemuka seperti HomePro untuk memperkenalkan ‘Closed-Loop Circular Appliances’, yakni proses daur ulang pertama dalam jenisnya mengubah peralatan listrik bekas menjadi polimer hijau yang akan menjadi bahan baku produk baru.

Selain itu, SCGC meluncurkan SIRPRIME, resin HDPE PCR bersertifikasi EuCertPlast dan RecyClass standar Eropa yang terbuat dari 100% limbah plastik rumah tangga dari kerja sama usaha dengan Sirplaste, produsen plastik daur ulang terbesar di Portugal.

Sementara itu, kompleks petrokimia Long Son Petrochemicals (LSP) di Vietnam sedang dalam tahap evaluasi dan pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin untuk produksi komersial pada kuartal ketiga.

SCGD (SCG Decor) menekankan empat strategi untuk menggandakan pertumbuhan penjualan menjadi 2 kali lipat pada tahun 2030, meliputi: 1) Mendorong pertumbuhan bisnis dekorasi permukaan untuk ubin dan penutup dinding melalui peningkatan portofolio produk bernilai tambah tingg dan ekspansi channel.

2) Memperluas bisnis perlengkapan sanitasi di ASEAN dan berinvestasi dalam pabrik perlengkapan sanitasi baru, dengan target peningkatan penjualan perlengkapan sanitasi menjadi 2 kali lipat.

3) Memperluas portofolio ke produk dan layanan pelengkap untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam solusi end-to-end; serta 4) M&P (Merger & Partnership) dalam area bisnis kunci secara domestik dan internasional.

SCG Cleanergy, bisnis energi bersih dari hulu ke hilir, terus berkembang sejalan dengan tren keberlanjutan global. Saat ini, kapasitas produksi telah meningkat 13% dari akhir tahun 2023, mencapai 511 megawatt, melalui kerja sama dengan sektor publik dan swasta dalam proyek perdagangan listrik baru di Thailand.

Tahun ini, Perusahaan menargetkan peningkatan 200 megawatt di perdangan listrik dengan sektor swasta.

Perusahaan bermitra dengan Rondo Energy dari Amerika Serikat dalam pengembangan teknologi baterai inovatif yang dapat menyimpan panas dari energi bersih; teknologi ini akan diperkenalkan ke pasar ASEAN dan diproyeksikan akan berkembang di wilayah lainnya.

Secara bersamaan, The Siam Refractory Industry Company Limited juga bermintra dengan Rondo Energy dalam pengembangan ‘Thermal Media’ yang merupakan bahan inti dalam baterai panas.

Kolaborasi ini telah memungkinkan ekspansi kapasitas produksi Thermal Media menjadi 12.000 ton per tahun pada akhir tahun lalu, mendukung bisnis baterai panas yang berkembang.

Total Pendapatan SCG minus Thailand 

Pendapatan dari Penjualan pada Q1/2024 mencapai Rp23,9 miliar (USD 1,5 miliar), menyumbang 44% dari total Pendapatan dari Penjualan SCG.

Angka ini mencakup penjualan dari operasi lokal di setiap pasar ASEAN dan ekspor dari operasi Thailand.

Per 31 Maret 2024, total aset konsolidasi SCG mencapai Rp406,7 miliar (USD 25,8 miliar), sebanyak 46% merupakan total aset SCG di ASEAN di luar Thailand.

Tags: #SCG
Plugin Install : Subscribe Push Notification need OneSignal plugin to be installed.
Previous Post

Perkuat Kerjasama, SiteMinder dan Trip.com Bersiap Hadapi Peningkatan Pasar Pariwisata Tiongkok

Next Post

Rayakan 43 tahun Perjalanan Bisnis , Damai Putra Group Teguhkan Komitmen Pembangunan Masa Depan

Next Post
Rayakan 43 tahun Perjalanan Bisnis , Damai Putra Group Teguhkan Komitmen Pembangunan Masa Depan

Rayakan 43 tahun Perjalanan Bisnis , Damai Putra Group Teguhkan Komitmen Pembangunan Masa Depan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RECOMMENDED NEWS

Pertama di Indonesia, Jotun Flagship Store Hadir di Medan

Pertama di Indonesia, Jotun Flagship Store Hadir di Medan

1 tahun ago
Proyek Terbaru Terrakon Properti Royal Grande Residences Luncurkan Rumah Contoh

Proyek Terbaru Terrakon Properti Royal Grande Residences Luncurkan Rumah Contoh

4 bulan ago
Flash Report Rumah123: Berikut Torehan 2024 dan Prediksi 2025 

Flash Report Rumah123: Berikut Torehan 2024 dan Prediksi 2025 

4 bulan ago
Hunian Louise, Persembahan Terbaru Summarecon Serpong Bernuansa Resort

Hunian Louise, Persembahan Terbaru Summarecon Serpong Bernuansa Resort

8 bulan ago

FOLLOW US

BROWSE BY CATEGORIES

  • Apps (1)
  • Commercial (4)
  • Daily News (149)
  • Design (5)
  • Etcetera (10)
  • Expert (1)
  • Feature (4)
  • Global (7)
  • Humaniora (1)
  • Investment & Marketing (22)
  • Landed (7)
  • Lifestyle (4)
  • Product Related (25)
  • Strategy (9)
  • The Project (10)
  • Tips & Trick (6)
  • Uncategorized (2)

BROWSE BY TOPICS

#alazharnusantara #alazharsummarecon #bciequinox2023 #boutiqueexhibiton #designcompetition #evos #extravaganza #gravel #intiland #investasi #investasiproperti #jotun #kingkoil #mallbranded #marketplaceproperti #matras #metland #metropolitanland #monashuniversity #pengembang #pengembangbesar #pengembangmewah #produkbaru #produkbranded #promo #properti #proyekmewah #renovasirumah #rukokomersil #rukomewah #rukokomersil #crystalboulevardsignature #rumah #rumahidaman #rumahimpian #sharp #sheraton #sinarmas #sinarmasland #strategi #strategiproperti #summarecon #summareconbekasi #summareconcrowngading #summareconvillagiooutlets #terrakonproperti #urbandesign

POPULAR NEWS

  • Senggol Dong Bos! Satu-satunya Perumahan dengan Pondasi Tiang Pancang Ada di Babelan Nih

    Senggol Dong Bos! Satu-satunya Perumahan dengan Pondasi Tiang Pancang Ada di Babelan Nih

    331 shares
    Share 132 Tweet 83
  • Jotashield Infinity, Cat Eksterior Premium Terbaik Jotun

    329 shares
    Share 132 Tweet 82
  • Sukses dengan Penjualan 350 Unit di Tahap Pertama,  Socia Garden Karawang Laksanakan Groundbreaking 

    327 shares
    Share 131 Tweet 82
  • King Koil Luncurkan EVOS, Kasur dengan Teknologi Tinggi

    326 shares
    Share 130 Tweet 82
  • Klinik Hewan Dzipa Pet BSD Tawarkan Pelayanan Maksimal bagi Anabul Peliharaan

    326 shares
    Share 130 Tweet 82

Aktifkan Notifikasi

Plugin Install : Subscribe Push Notification need OneSignal plugin to be installed
Homepoint.ID

Portal berita properti yang menyajikan informasi terlengkap dan diperkaya dengan data riset aktual serta ulasan expert.

Follow us on social media:

Recent News

  • Kinerja 2024: Metland Catat Pendapatan Rp.2,02 Triliun
  • Avian Brands Makin Kokoh Sebagai Market Leader di Indonesia
  • Tren Dinding Natural di Indonesia: Estetika Alami yang Sering Disalahpahami

Category

  • Apps
  • Commercial
  • Daily News
  • Design
  • Etcetera
  • Expert
  • Feature
  • Global
  • Humaniora
  • Investment & Marketing
  • Landed
  • Lifestyle
  • Product Related
  • Strategy
  • The Project
  • Tips & Trick
  • Uncategorized

Recent News

Kinerja 2024: Metland Catat Pendapatan Rp.2,02 Triliun

Kinerja 2024: Metland Catat Pendapatan Rp.2,02 Triliun

30 Mei 2025
Avian Brands Makin Kokoh Sebagai Market Leader di Indonesia

Avian Brands Makin Kokoh Sebagai Market Leader di Indonesia

30 Mei 2025
  • Privacy Policy
  • About
  • Advertise
  • Careers
  • Contact

© 2023 HomePoint.id - Developed by Kanglalaw.

No Result
View All Result
  • Home
  • Daily News
  • Investment & Marketing
  • The Project
  • Etcetera
  • Design

© 2023 HomePoint.id - Developed by Kanglalaw.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In